Selasa, 26 Januari 2016

PHISING, SPAM, DAN SPYWARE


1.      Phising
Phising adalah cara untuk mencoba mendapatkan informasi seperti username, password, dan rincian kartu kredit dengan menyamar sebagai entitas terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik. Komunikasi yang mengaku berasal dari populer situs web sosial, situs lelang, prosesor pembayaran online atau IT administrator biasanya digunakan untuk memikat publik tidak curiga. Phising biasanya dilakukan melalui e-mail spoofing atau pesan instan, dan sering mengarahkan pengguna untuk memasukkan rincian di sebuah website palsu yang tampilan dan nuansa yang hampir sama dengan yang aslinya. 
Contoh kasus phishing di Indonesia dialami oleh pelanggan / pengguna situs internet banking milik Bank BCA yaitu “klikbca.com”. Pada saat itu tahun 2001, ada situs internet palsu yang sangat mirip penulisannya dengan situs klikbca.com, yaitu “kilkbca.com”. Sekilas, calon korban tidak akan sadar bahwa salah tulis satu huruf saja akibatnya sangat fatal, yang akibatnya banyak pengguna internet banking Bank BCA memasukkan username, password dan nomor pin kedalam situs yang bukan seharusnya. Anda pasti tahu apa yang terjadi berikutnya, yaitu si pemilik situs palsu dengan leluasa menggunakan identitas korban untuk masuk ke situs klikbca yang sebenarnya dan mentransfer seluruh uang korban ke rekening miliknya. 

2.     Spam
Istilah Spam sendiri adalah merujuk pada penggunaan perangkat elektronik yang difungsikan untuk mengirimkan pesan berkali-kali tanpa dikehendaki oleh pihak penerimanya. Bentuk spam yang sering ditemui secara umum diantaranya adalah spam pada surat elektronik (e-mail), spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam blog, spam iklan baris daring, serta spam pada jejaring sosial.
Contoh yang paling sering adalah pada forum dengan pembahasan tertentu seperti olahraga, tetapi muncul sebuah berita atau postingan yang mempromosikan produk tetapi tidak berhubungan dengan bidang olahraga. Pada umumnya Spam hanyalah berisi berita yang tak berguna dan juga promosi-promosi produk (orang bejualan).
3.      Spyware
Spyware adalah merupakan program yang terinstal di dalam sistem komputer, dan mampu mengumpulkan berbagai informasi tentang (milik) user dan kemudian mengirimkan informasi tersebut ke lokasi tertentu. Semua hal di atas dilakukan tanpa sepengetahuan user. Dalam lingkungan internet sering disebut spybot atau tracking-software.


Daftar pustaka :
http://syifalailihapsarioktavian.blogspot.co.id/2015/03/salah-satu-contoh-kasus-phishing-di.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar